Info Usaha Tas Denim (Jeans)

2 comments
Peminat tas denim semakin banyak, hal ini membuat bisnis produk tas berbahan denim tersebut semakin menuai keuntungan yang menggiurkan. tidak hanya dari lokal indonesia saja, tas dengan balutan kreasi jeans ini juga sangat digemari konsumen dari luar negeri. bagia anda yang ingin menekuni usaha ini, berikut kami sampaikan tips untuk memulainya.

A.    Persiapan Usaha.  
Jika Anda tertarik dan ingin memulai pembuatan tas berbahan dasar denim tak perlu khawatir dengan modal usaha yang besar. Cukup dengan merogoh kocek Rp 5 juta Anda sudah bisa membuka usaha tas denim. Uang tersebut bisa Anda belikan 1 unit mesin jahit dan beberapa meter bahan baku denim beserta bahan baku pendukung seperti kancing, resleting dan kain parasut. Namun jika Anda kesulitan atau tidak mempunyai keahlian dalam hal menjahit bisa memakai jasa makloon. Tinggal menyerahkan desain ke pihak makloon yang akan dikerjakan sesuai dengan keinginan Anda. Namun kelemahan menggunakan jasa makloon ialah desain Anda bisa dicontek. Untuk menghindari hal itu ada baiknya Anda membuat perjanjian dengan pihak makloon sebelum memulai produksi.

Mengenai model dan desain tas, Anda tak perlu pusing menentukannya, bisa melihat dan mengecek tas denim yang sedang tren seperti di di sosial media, sehingga Anda bisa tahu mengenai tas denim yang sedang digandrungi konsumen. Sosial media tersebut bisa facebook, twitter, instagram dan bisa langsung melihat web khusus para pecinta denim. Anda juga bisa langsung menanyakan di forum komunitas denim. Mengenai cara mendesain, bisa pula kursus membuat desain tas di beberapa tempat kursus yang sudah banyak dijumpai di kota-kota besar.  Dalam memunculkan ide bisa melihat web tas-tas asal luar negri, dan kreasikan tas tersebut sesuai keinginan Anda maupun customer, namun jangan semuanya dicontoh untuk menghindari plagiat desain.

Untuk menentukan bahan denim yang akan Anda gunakan sebaiknya sesuaikan dengan target market. Jika target market berada di kalangan menengah cukup gunakan denim dengan tampilan tak terlalu mewah namun harus tetap terlihat menarik jika digunakan dan model tak ketinggalan zaman. Bahan baku denim dan segala jenis peralatannya kini sudah sangat mudah dijumpai terutama di sentra-sentra penjualan bahan dan peralatan jahit. Misalnya di daerah Jawa Barat bisa dijumpai di daerah Pasar Baru dan Cigondewah, sementara Anda yang berdomisili di Jakarta bisa menyambangi Pasar Tanah Abang, Pasar Senen dan Pasar Jatinegara. 

B.    Pemasaran
Jika Anda memiliki budget minim untuk melakukan promosi, jangan berkecil hati untuk mempromosikan produk. Anda bisa gunakan twitter, facebook dan forum jual beli online dimana kini tak sedikit anak muda yang banyak mencari produk fashion melalui internet khususnya online shop. Selain murah, melakukan promosi melalui media sosial juga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Jika Anda ingin lebih gencar berpromosi dan produk cepat dikenal konsumen, berikan brand pada produk yang memiliki filosofi, mudah dibaca dan jangan lupa logo pada brand semaksimal mungkin Anda buat menarik. Tak ada salahnya juga jika Anda menitipjualkan tas denim tersebut pada distro dengan sistem konsinyasi, namun kelemahan titip jual pada distro ialah produk Anda hanya akan diketahui oleh konsumen yang berkunjung pada distro tersebut.  

C. Menekan Biaya Produksi & Menentukan Harga Jual
Cara menekan biaya produksi agar keuntungan berlipat secara cepat pada setiap penjualan bisa Anda lakukan dengan sistem belanja bahan baku sekaligus. Cara tersebut dilakukan untuk menghemat pengeluaran transportasi jika belanja bahan baku dilakukan sekaligus. Selain itu Anda bisa memperoleh diskon jika pembelian bahan baku lebih banyak. Cara tersebut cukup efektif, dan untuk memulainya Anda harus memperhitungkan banyaknya bahan yang akan digunakan, ukur dengan detail dan pasti. Jangan sampai ada salah satu bahan baku yang terlewat.

Memperhitungkan harga jual untuk satu produk merupakan salah satu aspek terpenting dari dunia usaha agar biaya produksi dapat tertutupi. Pada usaha pembuatan tas denim, menentukan harga jual bisa melihat harga di pasaran, dan Anda juga bisa bertanya pada komunitas denim mengenai harga jual yang cocok bagi produk Anda. Banyaknya bahan baku yang digunakan  dan desain produk, juga cukup membantu Anda untuk menentukan harga jual. Jika Anda memiliki reseller atau distributor berikan potongan harga yang menggiurkan agar pihak distributor tetap loyal menjual produk kita.

Info Titip Jual
1.  Endorse
Jl.Tebet Utara Dalam Nomor 5 Jakarta Selatan
Ketentuan: konsinyasi mudah, cukup kirimkan sampel produk untuk dinilai, minimal stok produk sebanyak 5 pasang per model tas, produk harus sesuai tren, jangka waktu konsinyasi tidak ditentukan/sesuai dengan kesepakatan, fee pihak distro 25%-30%.

2.  Moose
Jl. Bumi No.17 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Ketentuan: konsinyasi cukup mudah, bawa contoh sampel langsung ke pihak distro, produk khusus telah memiliki brand, banyaknya produk yang dititip jualkan minimal 5-7pcs dan tanpa batas waktu konsinyasi. Fee pihak distro 25% dari harga yang ditawarkan.

E.     Cara Membuat Ransel Denim
Proses pembuatan tas ransel berbahan denim cukup simpel namun harus tetap cermat untuk menghindar terbuangnya bahan akibat salah ukur. Siapkan juga peralatan pendukung produksi seperti mesin jahit agar semua proses pengerjaan berjalan lancar. Setiap 2 meter bahan denim dapat menghasilkan 2 sampai 3 tas tergantung dengan ukuran. Lamanya pengerjaan per pcs dapat memakan waktu 1-2 hari. Berikut beberapa tahapannya:

1.   Tahap awal proses produksi dengan membuat desain tas, bisa di atas kertas maupun di komputer secara digital, yang terpenting adalah karyawan bagian pemotongan mengerti dengan desain.
2.   Setelah itu buat contoh pola di kain apapun dengan tujuan untuk mengetahui banyaknya bahan denim yang akan digunakan. Sehingga banyaknya bahan sudah bisa dipastikan untuk meminimalisir bahan terbuang.
3.   Siapkan bahan baku denim, potong bahan mengikuti pola menggunakan mesin potong untuk menjaga kerapihan potongan.
4.   Setelah bahan terpotong, jahit per bagian bahan sesuai pola hingga terangkai menjadi sebuah tas. Di bagian ini jahit juga bahan parasut bersama denim untuk bagian dalam tas.
5.      Terakhir bagian finishing, bersihkan tas dari segala benang yang menjulur dengan gunting.
6.      Masukkan tas ke dalam kemasan berbahan blacu yang dibagian luarnya sudah tertera logo brand dan tas pun siap untuk dipasarkan

Demikianlah beberapa informasi tentang usaha tas berbaham Denim atau Jeans, semoga dapat dapat bermanfaat dan salam sukses.

2 komentar

Terimakasih untuk sharing informasinya.. Sangat menginspirasi.. Best Regards Fitinline..

back to top