Efek Video Mapping Panggung Sedang Tren
Dunia panggung multimedia memang sering sekali
menyita perhatian banyak orang. Tak heran bisnis seperti jasa penyedia panggung
multimedia ini pun terus banyak bermunculan. Contohnya Dian Alamanda, meski
tidak memiliki latar belakang khusus dalam dunia event organizer, namun keinginannya yang kuat, membuat pria yang
akrab disapa Dian ini pun sukses meraup rupiah dari usaha jasa penyedia layanan
panggung multimedia. “Alasan
saya memilih usaha jasa penyedia panggung multimedia ini karena saya berfikir
kalo usaha yang terkait dengan jasa itu tidak pernah ada habisnya, di sini
orang selalu membutuhkan jasa, dengan memberikan servis yang maksimal kepada
klien, maka usaha ini tidak akan pernah sepi pelanggan,” Dian beralasan.
Usaha yang diberi nama Dinamika Media Promosindo (DMP) ini pertama kali
dirintis oleh Dian Alamanda pada tahun 2008. Waktu pertama memulai usaha, Dian
dibantu oleh salah satu rekannya yang pernah aktif di berbagai jasa event organizer di Jakarta. “Proyek pertama
kali yang pernah saya tangani adalah Rakernya Bank Mandiri senilai Rp 30 juta,
dan itupun saya tidak mengeluarkan modal sedikit pun, karena waktu itu saya meminta
untuk dibayar lunas dua minggu sebelum acara,” ucapnya.
Karena melihat potensi pasar yang cukup bagus, pada tahun berikutnya Dian pun
berinvestasi peralatan berupa backrobe
seharga Rp 60 juta. Tak hanya itu, untuk lebih serius dalam membangun usaha DMP
ini, pada tahun 2013 Dian juga menggandeng kedua kakaknya yakni Arfianti
Ramadhian dan Arie Ramada untuk membentuk sebuah badan usaha berupa PT
(Perseroan Terbatas).
Modal awal yang digunakan untuk membangun PT ini adalah sekitar Rp 300 juta
dari hasil patungan antara Dian dan kedua kakaknya. Dari modal tersebut, Rp 30
juta digunakan untuk perizinan, Rp 13,5 juta untuk sewa kantor di Jalan Warung
Buncit Gedung Graha Pulo lantai 1, Rp 80 juta untuk membeli komputer high spec 2 unit, Rp 50 juta untuk membeli peralatan dan fasilitas kantor,
sedangkan sisanya untuk kas perusahaan.
Prospek Menjanjikan. Menurut Dian,
perkembangan usaha yang berkaitan dengan pagelaran hiburan tidak akan pernah
mati, karena hampir semua perusahaan ataupun instansi pemerintah memiliki event pagelaran tahunan baik rapat kerja
tahunan, ulang tahun perusahaan, acara family
gathering dll. Selain peluang pasar dari perusahaan ataupun instansi, momen
hari besar nasional seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Imlek dan hari
kemerdekaan R1 juga bisa dijadikan sebagai peluang pasar yang cukup menjanjikan.
Sehingga tak heran, usaha penyedia jasa panggung multimedia seperti ini sangat prospek untuk dikembangkan.
Dalam hal persaingan, menurut Dian sudah lumayan
ketat, tetapi tidak semua pelaku usaha sejenis juga memberikan pelayanan dan
kreasi yang baik. Karena itu, agar usaha tetap bisa berkembang, Dian selalu memberikan pelayanan yang
berkualitas kepada para klien, baik dari segi konsep, visualisasi multimedia,
inovasi desain maupun software yang
digunakan. Tetapi sejauh ini, Dian tidak pernah menggangap pelaku sejenis
tersebut sebagai kompetitor. “Dalam dunia usaha multimedia khususnya panggung
hiburan, semua pelaku usaha biasanya tetap bersinergi, karena kita terkadang
juga membutuhkan mereka dan mereka juga membutuhkan kita untuk mengerjakan
sebuah proyek besar,” terangnya.
Teknologi Video Mapping. Teknologi video
mapping merupakan salah satu bentuk
kreasi multimedia dengan penciptaan sebuah ilusi optis yang menggunakan teknik
pencahayaan dan proyeksi pada suatu objek tertentu. Visualisasi pada ilusi optis
ini akan berubah secara fantastis menjadi bentuk-bentuk yang beraneka ragam.
Perubahan ini terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video
digital dengan menggunakan latar objek, benda atau suatu bidang tertentu.
Nah, dalam dunia multimedia, teknologi video mapping ini menjadi salah satu teknik
kreasi visual yang cukup menarik perhatian bagi banyak pengunjung. “Salah satu
kelebihan dari desain panggung yang kita buat adalah pada visualisasi dengan teknik
mapping tersebut, karena di Jakarta
masih sangat jarang yang menggunakan teknik video
mapping, kalapun ada biasanya mereka adalah perusahaan-perusahaan besar
yang sudah kontrak di berbagai acara televisi, seperti pembuatan panggung X-Faktor, Indonesian Idol atau
konser-konser besar lanilla,” ujar Dian.
Lebih lanjut pria kelahiran Jakarta ini
menjelaskan, kata kunci dari video
mapping ini adalah projection, yaitu
suatu transformasi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Pada konteks video mapping ini yang
diproyeksikan adalah scene pada
video. Biasanya objek yang diproyeksikan berupa motion graphic atau animasi 3D yang
terdiri atas bidang-bidang berbentuk geometris, garis, maupun ruang yang
ditembakkan pada sebuah latar belakang putih, bisa menggunakan backrobe ataupun dinding yang berwarna
putih. Agar konten multimedia panggung terasa hidup, proyektor biasanya akan mentransformasikan
input-input tersebut menjadi lebih eksploratif dan menarik, seperti
membengkokkan, merotasikan, serta memberikan penekanan (highlight) yang menjadikan objek proyeksi sebagai titik fokus yang
diamati oleh penonton.
Menurut Dian, saat ini penerapan video
mapping pada sebuah panggung hiburan cukup
banyak diminati oleh semua kalangan, baik dari kalangan individu, perusahaan, ataupun
instansi pemerintah. “Kebanyakan yang menggunakan inovasi ini biasanya untuk
menampilkan atau menonjolkan pesan yang ingin disampaikan, seperti acara launching produk, ulang tahun perusahan,
konser music, acara family gatering,
pesta pernikahan, pesta Natal dan Tahun Baru, hingga pada event pesta kemerdekaan RI,” tutur ayah satu anak ini.
Tarif. Harga pembuatan panggung dengan menggunakan efek
multimedia cukup bervariasi. Untuk menentukan harga jual, biasanya Dian melihat
dari tingkat kesulitan konten video animasi yang dibuat dan space panggung acara yang diinginkan.
Semakin besar panggung acara, maka harga yang dipatok pun juga semakin mahal.
Seperti acara outdoor dengan
menggunakan panggung rigging dipatok
dari harga Rp 50 juta-Rp 200 juta tergantung dari ukuran panggung, panggung
semi rigging outdoor dipatok dari Rp 25
juta-Rp 70 juta, kemudian panggung melamin untuk acara indoor ataupun outdoor ditawarkan
dengan harga yang cukup mahal, yakni dari mulai Rp 80 juta-Rp 400 juta, selanjutnya stage panggung indoor
ditawarkan dari harga Rp 30 juta-Rp 100 juta.
Selain memberi harga paket desain panggung dengan tampilan efek multimedia,
Dian juga menawarkan jasa pembuatan konten animasi multimedia sesuai dengan
keinginan klien, seperti visualisasi stand pameran dipatok dari mulai harga Rp
5 juta-Rp 10 juta, looping logo
perusahaan ataupun instansi pemerintah ditawarkan dari Rp 10 juta-Rp 15 juta, konten
promosi produk ditawarkan dari mulai Rp 5 juta-Rp 10 juta dan masih banyak yang
lainnya.
Alat yang Digunakan. Agar konten yang dihasilkan terlihat
megah, artistik dan futuristik, Dian menggabungkan instalasi antara perangkat
lunak dan perangkat keras. Perangkat lunak
biasanya digunakan untuk membuat konten multimedia seperti animasi 3D
dan juga untuk menggabungkan antara video yang satu dengan yang lainnya. Semua
perangkat lunak atau software yang
sering digunakan Dian adalah software
original animasi seperti 3DMax, Adobe Illustrator, Adobe Potoshop, Resolum
Arena, Vegas Pro, Cinema 4D yang dibeli dari harga Rp 800 ribu-Rp 3 juta.
Selain perangkat lunak, Dian juga menggunakan perangkat keras seperti komputer
dengan high spec, proyektor dengan
ketajaman 15.000 ansi lumens untuk
menembakkan efek konten ke dalam layar besar, backrobe putih sebagai media latar tembak serta perlengkapan panggung.
“Perangkat keras seperti perlengkapan panggung dan juga proyektor saya masih
sewa ke vendor, karena selain terbilang mahal harganya, juga akan memakan
tempat yang cukup besar,” tandasnya.
Strategi Menarik Klien. Pada awal usaha,
Dian hanya memasarkan jasanya melalui door
to door kepada teman-teman, famili, kerabat dan juga relasi bisnisnya.
Untuk membangun kepercayaan klien, Dian juga membuat company profile dengan menggunakan katalog yang sudah diselipkan CD
berisikan konten dari hasil kreasi yang telah dibuat. Menurutnya, cara tesebut
dirasa cukup efektif untuk menarik klie-klien baru.
Target pasar Dian adalah semua kalangan baik individu, perusahaan, instansi
ataupun komunitas. Namun kebanyakan klien yang datang adalah dari kalangan
perusahaan seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bumi Putera, perusahaan batu granit,
perusahan tekstil dll.
Untuk mendukung usahanya ini, Dian dibantu 15 karyawan yang terbagi atas 5 orang tenaga marketing, 3
staf kantor, 2 orang bagian multimedia, 1 office
boy, 2 HRD, dan 2 orang bagian
produksi. Berkat loyalitas layanan yang maksimal dalam menyelesaikan tiap
proyek, banyak sekali klien yang merasa puas
dengan hasil kerja Dian dan tim. Sehingga tak heran, setiap bulan ia bisa
mendapatkan 4-5 proyek event dengan total omset hingga Rp 300 juta dan
keuntungan bersih mencapai 20% dari omset atau sekitar Rp 60 juta.
Kendala. Selama menjalankan bisnis jasa penyedia
panggung multimedia ini, Dian tidak pernah merasakan kendala yang cukup berarti.
Kendati demikian, Dian tetap menemui sedikit kendala di lapangan. Biasanya kendala
tersebut datang dari masalah teknis seperti halnya pada set-up panggung, kemudian masalah perubahan waktu acara secara
mendadak dan juga permasalahan pada saat implementasi video mapping, namun hal itu dianggap Dian sebagai sesuatu yang
wajar terjadi, sehingga tidak menjadi kendala yang berarti.
Sedangkan obsesi, Dian memiliki target untuk
membuka cabang-cabang usaha ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. “Kalau saya melihat, di beberapa daerah
di Indonesia ini masih cukup jarang penggunaan efek-efek multimedia pada
panggung hiburan, sehingga peluang usaha seperti ini sangat bagus jika saya
kembangkan di daerah-daerah di seluruh Indonesia,” pungkasnya.
4 komentar
wow pengen banget belajar,penggunaan efek2 multimedia nya..gmn tu cara nya ya?
wow pengen banget belajar,penggunaan efek2 multimedia nya..gmn tu cara nya ya?
Saya siap untuk daerah kalimantan selatan
Best Titanium Flat Iron GmbH - TITIAN ART - Titanium Art
The best titanium titanium eyeglass frames flat iron gmbh titanium pen is made from titanium piercings titanium oxide. It is ideal for beginners and professional builders because it is a solid solid material titanium pans for titanium sheet